Thursday, May 09, 2013

tentang asrama dan dara djuanti

at 5/09/2013
Yogyakarta terkenal dengan sebutan kota pelajar. Dan pastinya banyak para perantau datang untuk menimba ilmu disini. Karena kota pelajar inilah, banyak ditemukan asrama-asrama daerah yang beranggotakan mahasiswa-mahasiswi asal daerah tersebut. Ya emang sih, setiap kota besar biasanya memiliki satu asrama provinsi untuk keperluan silaturahmi. Ya kalo diibaratkan kaya kedubes di suatu negara gitu lah. Bedanya asrama di Jogja, sama asrama di Jakarta atau di kota besar lain, asrama kabupaten pun banyak ditemukan di Jogja. Ya kalo di Jakarta, Bandung, Semarang, paling yang ada asrama provinsi Kalimantan Barat. Gak ada tuh yang namanya asrama Sambas atau asrama Singkawang.




Sebenarnya apa sih asrama itu ?
Nah, kalo kata wikipedia nih ya, asrama itu tempat penginapan suatu kelompok, umumnya ditujukan untuk orang yang sedang menuntut ilmu, contohnya asrama kampus, asrama daerah, dll. Walaupun ada juga diluar dari kelompok pendidikan, asrama TNI. Asrama itu ya kayak kost tapi banyak peraturan kayak di rumah.
Yang bikin beda juga kegiatan-kegiatannya. Asrama ada aturan dan kegiatan, sebenernya aku juga ga tau buat apa sih gunanya. Hmm, mungkin buat pembangunan karakter kali ya. Anak asrama diharapkan mampu terjun langsung ke masyarakat, ya paling engga berguna lah buat daerah. Ya mungkin simpel nya gitu. hahaha

Asrama putri Dara Djuanti
Pertama kali denger nama asrama ini pas aku nanya di akun twitter @jogjaupdate tentang keberadaan asrama Kalbar di Jogja. syukurnya ada orang yang berbaik hati ngirimin pdf yang isinya alamat2 IKPM alias Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa, ya kayak himpunan asrama-asrama gitu. Alamat asrama Dara Djuanti di Jogja berada di Jalan Bintaran Kidul No. 19, 55151, wirogunan, mergangsan, Yogyakarta. posisi asrama berada tepat membelakangi asrama putra Rahadi Oesman I yang berasal juga dari provinsi Kalbar.
namanya asrama provinsi, ya warga asrama berasal dari berbagai daerah di provinsi tersebut. kayak asrama Dara Djuanti, orang-orangnya berasal dari Pontianak, Sambas, Singkawang, Putussibau, Sekada, Sanggau, dll. dan mayoritasnya berasal dari Sambas. Ga tau kenapa, orang Sambas jadi mayoritas di asrama provinsi, baik Dara Djuanti, Rahadi Oesman I dan Rahadi Oesman II. mungkin orang yang luar daerah Sambas agak sombong kali, makanya ga mau asrama. eh bukan sombong sih, tapi ga minat asrama aja. nah kalo orang sambas kan biasanya rajin dan patuh tuh, jadi mau sebanyak apapun kegiatan asrama pasti diikutin aja.
iya mungkin kaya gitu.
Asramanya cukup bagus, ya namanya asrama, pasti ada kekurangan di bangunan lah, karena susah dana dari pusat. haha. jumlah kamar di asrama DJ ini berjumlah 18 kamar, dalam keadaan normal dan udah ada fasilitas. memiliki 1 ruang tamu, 1 ruang belajar, 1 aula kecil, 1 kamar setrikaan, 1 dapur, 4 kamar mandi, dan 4 WC.
segala fasilitas asrama bisa kita gunakan, semisal tivi, printer, alat-alat dapur, dan apapun barang-barang umum. enaknya asrama ya gini, kita ga perlu beli barang-barang kebutuhan kos kaya sapu, lemari, meja, kasur. karena asrama udah menyediakan itu semua.

What's your choice ? asrama or kost?
apa pilihanmu ? asrama atau kos? hmm kalo kost sih udah jelas, ga perlu ribet ini itu, ga perlu beli ini itu, ga perlu terikat organisasi ini itu, yang menjadikan kita bebas berkespresi. banyak sih kost yang udah nyiapain barang2 kebutuhan kaya lemari kasur meja dll, banyak juga kos yang ada pembantu buat bersihinnya setiap hari. tapi ga jarang juga banyak kos kosongan, dan mesti piket2 buat bersihin kos. biasanya sih sering ga betah sama kos, karena masih pengen cari yang murah, full fasilitas, ga ribet, kamar luas, dll. itu yang bikin kos jadi ribet.
nah kalo asrama, udah full fasilitas walaupun ga full-full banget. karena biaya asrama murah, jadi kegiatan itu banyak. kita mesti piket harian, piket mingguan, kerja bakti buat bersihin asrama bareng. kalo yang suka sosialisasi dan organisasi, dan pengen punya banyak temen, ya asrama itu pilihan yang cocok. karena ga cuma temen kampus dan organisasi kampus yang kita kenal, tapi teman-teman diluar kampus yang berasal dari daerah yang sama juga bisa kita kenal. gunanya apa ? ya kalo anak rantau nya berasal dari Jawa sih emang ga begitu ngefek. bukannya mau rasis atau gimana, tapi kalo anak rantau yang dari Jawa, ada long weekend aja pulang. nah kalo yang dari luar Jawa masa iya libur dari kamis-minggu, mau pulang ke daerah asalnya kalo ga penting-penting banget. nah itulah enaknya asrama. kalo hari libur, biasanya ngabisin waktu bareng anak asrama. kalo hari besar Islam, biasanya juga ada acara tersendiri.

udah sih, gini aja yang pengen aku ceritain dari asrama dara djuanti. ya dulunya sih aku juga anak kos, terus pindah ke asrama. makanya bisa ngebandingin gimana rasanya. huehue..



 

r e g e n b o g e n Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review