Friday, April 15, 2016

5 Kepulauan Mendunia yang Ada di Indonesia

at 4/15/2016

Indonesia terkenal sebagai Negara kepulauan. Terbentang dari Sabang sampai Merauke, terdiri dari 5 dan pulau besar itulah yang merupakan ciri khas Indonesia. Namun, apakah kamu sudah pernah melihat kepulauan itu secara nyata? Apakah kamu sebagai warga Negara Indonesia sudah merasakan identitas sebagai Negara kepulauan ? Mari kita simak lima kepulauan yang menakjubkan di Indonesia. *Foto-foto searching di go*gle aja yaaaa *


  • Kepulauan Anambas

Banyak orang yang bilang kalau jadi orang Indonesia itu sangat menyenangkan. Yups, sangat membanggakan jadi warga Indonesia. Mengapa tidak ? kamu ga perlu jauh-jauh ke Maldives untuk mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dari pulau-pulau yang indah. Indonesia memiliki kepulauan yang tak kalah dengan Maldives. Kepulauan Anambas biasa dikenal dengan nama Maldives nya Indonesia .


Kepulauan Anambas termasuk dalam salah satu kabupaten di Kepulauan Riau. Dulunya, Kepulauan Anambas masih satu kabupaten dengan Kepulauan Natuna. Namun, pada tahun 2008 Kepulauan Anambas menjadi kabupaten sendiri, yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna. Kabupaten Anambas memiliki ibukota bernama Tarempa. Jika ingin berkunjung ke Anambas, kamu harus menunggu jadwal kapal feri dari Tanjung Pinang menuju Tarempa yang hanya berlayar selama tiga kali seminggu. Senin, Rabu, dan Jumat adalah jadwal dari Tanjung Pinang-Tarempa. Sedangkan Selasa-Kamis Sabtu adalah jadwal dari Tarempa-Tanjung Pinang. Waktu yang dibutuhkan selama penyebrangan dari Tanjung Pinang ke Tarempa ataupun sebaliknya ialah kurang lebih sepuluh jam.
Kepulauan Anambas dalam sejarahnya bermula dinamakan Pulau Tujuh. Hal ini disebabkan Kepulauan Anambas terdiri dari tujuh pulau yang dianggap sakral oleh sebagian masyarakat kepulauan Riau. Tujuh pulau tersebut yaitu, Tarempa, Marak, Mubur, Impul, Jemaja, Raibu, dan Telaga. Jika kamu ingin mengunjungi Anambas dan merasakan Maldives nya Indonesia, perhatikan jadwal kapal ferinya ya!



  • Kepulauan Ayau (Raja Ampat)
Siapa yang tak kenal Raja Ampat? Hampir seluruh pencinta diving di Indonesia mengetahui Raja Ampat. Kepulauan Raja Ampat dinamakan seperti demikian karena terdiri dari empat gugusan pulau yang saling berdekatan. Empat pulau yang berdekatan itu yakni, Pulau Waigeo, Misool, Sulawati, dan Batanta. Kepulauan Raja Ampat berada di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua.


Mengunjungi Raja Ampat merupakan impian sebagian pecinta traveling. Bagaimana tidak, dengan gugusan pulau indah yang terhampar di lautan menyebabkan orang-orang ingin mengunjungi pemandangan bawah lautnya. Tidak hanya wisatawan dalam negeri, wisatawan manca Negara pun telah mengenal pesona Kepulauan Raja Ampat.
Jika kamu ingin mengunjungi Raja Ampat, yang harus kamu lakukan ialah mencari rute penerbangan menuju Sorong. Setelah itu langsung pergi menuju pelabuhan untuk menyebrang ke ibukota Raja Ampat. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap jadwal kapal penyebrangan. Karena, daerah kepulauan tidak memiliki jadwal yang bebas layaknya kita yang sering menggunakan transportasi umum di daratan.


  • Kepulauan Derawan
Salah satu pulau terbesar di Indonesia yakni Kalimantan memiliki kepulauan yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Kepulauan Derawan merupakan kepulauan yang dulunya masih dalam kabupaten Kalimantan Timur. Namun, dikarenakan Kalimantan Timur telah mengalami pemekaran berupa Kalimantan Utara, sehingga kepulauan Derawan saat ini masuk wilayah territorial Kalimantan Utara. Kepulauan Derawan terletak di Kabupaten Berau, memiliki empat pulau yang terkenal yaitu Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban.


Kepulauan Derawan memiliki pantai yang indah dan bersih. Wisata andalan di Kepulauan Derawan yaitu keindahan alam bawah laut yang masih alami. Kamu tidak perlu khawatir mengenai sinyal jika berkunjung ke Kepulauan Derawan karena fasilitas komunikasi di wilayah Derawan sudah terjangkau sinyal 3G. Sehingga, kamu tidak perlu pusing jika ingin berkomunikasi dengan orang-orang di luar.
Rute yang dituju jika ingin pergi ke Kepulauan Derawan sebaiknya anda memilih penerbangan menuju kota Tarakan. Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Tanjung Batu, dan menyebrang ke Pulau Derawan. Waktu penyebrangan kurang lebih dua jam. Mudah, kan? Tunggu apalagi? Ayo berlibur ke Derawan !


  • Kepulauan Banda
Serpihan surge di Timur Indonesia. Itulah istilah yang dikenal sebagian orang mengenai Kepulauan Banda. Jika anda mengenal band indie bernama Banda Neira, maka inilah asal mula nama band tersebut. Mereka terinspirasi terhadap kepulauan nan indah yang terletak di Maluku untuk dijadikan nama bandnya.
Kepulauan Banda termasuk dalam wilayah Provinsi Maluku. Ibukota Kabupaten Kepulauan Banda yaitu Bandanaira. Masih dengan ciri khas kepulauan, Kepulauan Banda ini terkenal dengan wisata bawah laut bagi para penggemar snorkeling.


Untuk menuju ke Kepulauan Banda, kamu harus naik kapal penyebrangan dari Ambon menuju Bandanaira. Jadwal penyebrangan menuju pulau ini hanya dua pekan sekali, saling bergantian. Waktu perjalanan kurang lebih selama 8-12 jam.

  • Kepulauan Mentawai
Jika mendengar nama Mentawai, orang-orang akan mengenang tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2006 silam. Kepulauan Mentawai merupakan wilayah terdekat dari pusat gempa bumi pada saat itu yang menyebabkan tsunami. Luka yang mendalam bagi warga Indonesia, terutama bagi warga Provinsi Aceh. Namun, dibalik bencana tsunami yang terjadi, Kepulauan Mentawai merupakan surga bagi para peselancar.
Kepulauan Mentawai memiliki empat pulau besar yaitu, Pulai Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Selatan, dan Pulau Pagai Utara. Keunggulan dari Kepulauan Mentawai ini ialah ombak yang menantang yang amat diminati oleh para peselancar. Hal ini disebabkan Kepulauan Mentawai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Secara adminsitratif,
Kepulauan Mentawai termasuk dalam wilayah Provinsi Sumatera Barat. Adapun kebudayaan dari kepulauan Mentawai berbeda dengan Minangkabau karena terpisah oleh laut. Suku di Kepulauan Mentawai ialah suku Mentawai. Ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai ialah Tua Pejat.


Jika kamu ingin mengunjungi Kepulauan Mentawai, kamu harus menyebrang dari Padang menuju Pulau Siberut pada hari Senin, Rabu, dan Kamis. Ada juga rute pelayaran dari Padang menuju Pulau Sipora pada hari Selasa, Kamis, Jumat, dan Sabtu. Perjalanan dari Padang menuju Pulau Siberut kurang lebih selama empat jam.

Bagaimana? Sudahkah kamu menyiapkan jadwal dan biaya hingga segala persiapan yang dibutuhkan untuk berlibur ke kepulauan yang menakjubkan di Indonesia ini? Kamu tidak perlu repot-repot memikirkan paspor, visa, mata uang asing, dan lain sebagainya untuk berlibur merasakan tempat wisata di Negara luar. Indonesia kaya akan tempat wisata yang tak kalah menarik dan tak kalah mendunia untuk dikunjungi. Sebelum mengunjungi dan berlibur ke Negara luar, cobalah untuk mengunjungi tempat-tempat dalam negeri terlebih dahulu. Selain menghemat biaya, kamu juga merasakan betapa luar biasa kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia
 

r e g e n b o g e n Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review